Sabtu, 11 Desember 2010

Apa itu Tes KLPT/ Tes EPS-KLT?



Tes KLPT/Tes EPS-KLT mempunyai arti dalam bahasa Inggris adalah Korean Language Proficiency Test dan Employment Permit System-Korean Language Test. Keduanya mempunyai arti harfiah sama yaitu Tes Bahasa Korea untuk Pekerja.

Apa Tujuannya?
Tujuan utama diadakan Tes seperti ini adalah untuk Proses Seleksi mencari Pekerja Asing yang akan ditempatkan Magang/ Kerja ke Negara Korea Selatan. Panitia Pusat Penyelenggara Tes KLPT adalah Pemerintah Korea Selatan yang diwakili oleh HRD of KOREA (Human Resourch Department of Korea) Bekerjasama dengan Pemerintah Indonesia Yang diwakili BNP2TKI (Badan Penempatan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia), bentuk Kerjasama Ketenaga kerjaan ke 2 Negara ini lebih kenal dengan Program G TO G (GOVERNMENT TO GOVERNMENT).

Siapa yang berhak ikut Tes KLPT?
Semua Warga Negara Indonesia yang telah memenuhi Syarat untuk mengikuti tes.

Syaratnya apa saja?
Fotokopi KTP, fotokopi Ijazah Terakhir yang di Legalisir (pendidikan minimal SMP), Bukti asli slip Transfer biaya tes ke Pemerintah Korea sebesar Rp.202.000.

Tempat Daftarnya dimana?
Di Universitas yang ditunjuk oleh Pemerintah, Fungsi Universitas dalam Pelaksaan Tes KLPT adalah sebagai Lembaga Independent Pengawas, Tempat Pelaksanaan, Pendaftaran, dan Pengambilan Sertifikat Tes KLPT.

Waktu Tes KLPT kapan?
Menunggu Pengumuman resmi dari Pemerintah Korea Selatan melalui media massa nasional, dan Internet.

Setelah Lulus Tes Bagaimana Proses selanjutnya?
Mengirim Aplikasi Lamaran Kerja ke BNP2TKI, setelah itu menunggu Kontrak kerja dan Visa Kerja turun. Lalu Training dan Kamu sudah siap Terbang ke Korea Selatan untuk bekerja disana sekitar 5 tahun kontrak kerja, dengan gaji perbulan sekitar 1000.000 Won (Rp.10.000.000).

2 komentar:

  1. kak kalo masih pelajar kelas 3 cara daftarnya gimana

    BalasHapus
  2. Aku mau daftar dimana daftar di wilayah terdekat ya!!?
    Saya di wayan mataram NTB

    BalasHapus